Pengumuman

Untuk memudahkan bagi anda yang membutuhkan jurnal/buku/procedding Ekonomi Syariah, berbentuk pdf, bisa menghubungi Perpustakaan STIE Bisnis Indonesia (STIE BI) Ciputat, Telp. 021-7423390, 7423391 Ext. 101, email:stiebiciputat@yahoo.co.id, dengan Okta/Siti

Minggu, 16 November 2008

Membongkar ”Kebahlulan” Dunia Marketing


Marketing adalah merupakan sebuah disiplin bisnis strategis yang mengarahkan pada proses penciptaan, penawaran dan perubahan nilai dari satu inisiator kepada steakholder-nya. Kegiatan marketing sebenarnya merupakan kegiatan yang mulia sekali karena dikegiatan tersebut selalu memunculkan ide dan kreatifitas melakukan perubahan dan pembaharuan.

Namun, ketika kegiatan tersebut mengalami disorientasi dan cenderung mengejar keuntungan yang instan, maka terkadang kegiatan marketing yang mulia dan penuh etika itu telah berubah dengan kebahlulan dan kebusukkan. Fenomena itulah yang acap kali menjadikan pemandangan kita salama ini dalam melakukan marketing untuk menawarkan produk yang kita tawarkan.

Cerita dan kisah kebahlulan di dunia marketing itulah yang terekam dan ternarasikan dalam buku ”Marketing Bahlul” karya Muhammad Syakir Sula, Sekretaris Jenderal Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

Dibuku yang tebal tersebut memuat 33 cerita yang dialami secara langsung oleh si penulis buku, bahwa teryata dalam melakukan entertain marketing selama ini dilakukan oleh para eksekutif banyak sekali melakukan penyimpangan-penyimpangan secara etika dan moral. Apabila fenomena itu terus dipertahankan akan merusak dunia peradaban marketing.

Di buku tersebut, Syakir Sula menceritakan, bagaimana dalam olah raga Golf yang halal didalamnya diwarnai dengan perjudian dan bercampur dengan maksiat. ”Padahal Golf merupakan oleh raga yang menyehatkan bagi kebugaran tubuh dan pikiran,”papar Syakir Sula.

Selain di olah raga Golf, kata Syakir Sula, dalam kegiatan negoisasi bisnis tak jarang kita sering melakukan pelanggaran dari segi Riswah dengan melakukan suap. Kegiatan tersebut sering dijumpai dalam kegiatan marketing.

Hadirnya buku, Marketing Bahlul yang merupakan kelanjutan dari buku Marketing Syariah, Syakir Sula membongkar dan sekaligus meluruskan kembali fungsi marketing dengan pendekatan etika-etika sehingga tak ada lagi penyimpangan dan virus dalam pengembangan lembaga keuangan syariah.

Di buku Marketing Bahlul dijelaskan dengan pendekatan ajaran Islam apa yang boleh dilakukan dan apa yang tak boleh dilakukan. Sehingga di buku tersebut memberikan pedoman bagi para marketing khususnya para eksekutif, bagaimana cara memarketingkan produknya yang halal sehingga akan menciptakan bisnis yang dikembangkan selalu berkelanjutan.

Tertarik ingin membacanya?
http://www.pkesinteraktif.com/content/view/3306/204/lang,id/

Tidak ada komentar: