Rabu, 27 Agustus 2008

Drs. Agustianto, MA


Drs. Agustianto, MA, lahir di Medan, 17 Agustus 1967. Menamatkan pendidikan S1 tahun 1992, di Falkultas Syari’ah IAIN (Skripsinya tentang Ushul Fiqh Muamalah) dengan predikat summa cum laude dan meraih prestasi sebagai wisudawan terbaik di tahun 1992. Pendidikan S2 Konsentrasi Syariah (Thesis : Ushul Fiqh Asy-Syatibi) IAIN ditammatkannya tahun 1997. Di Program ini beliau juga meraih WISUDAWAN terbaik dengan predikat Cum Laude.

Saat ini (2004) beliau sedang menempuh pendidikan S3 Ekonomi Islam UIN Jakarta. Sejak lama (tahun 1993) beliau telah menjadi dosen perbankan dan lembaga keuangan Islam dalam mata kuliah fiqh muamalah III di IAIN-SU.

Pada tahun 2005 beliau dipercaya menjadi Sekretaris Jenderal DPP Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia. (IAEI)

Kini, Agustianto banyak mengajar di berbagai program Pascasarjana Ekonomi Islam di Jakarta : seperti di Pascasarjana PSTTI UI, Pascasarjana Islamic Economics and Finance Universitas Trisakti, Pascasarjana Manajemen Perbankan dan Keuangan Islam Universitas Paramadina, Pascasarjana Perbankan dan Keuangan Islam Universitas Az-Zahro, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Prof.Dr.HAMKA, dsb.

Mata kuliah yang beliau ajarkan al; 1. Fiqh Muamalah Perbankan dan Keuangan, 2. Ushul Fiqh Ekonomi, 3. Ayat dan Hadits Ekonomi Keuangan , 4. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, 5. Politik Perbankan Syariah, 6. Ekonomi Mikro-Makro Islami. 7. Manajemen Zakat dan Waqaf

Selain aktif memberikan seminar, training dan workshop, beliau juga sebagai Advisor Bank Muamalat Indonesia (BMI) dan hampir setiap jumat mengkhutbahkan ekonomi Islam dan bank syariah kepada jama’ah-jamaah masjid.

3 komentar:

ranie mengatakan...

Ass. pak saya mau tanya,.
Menurut bapak apakah suku bunga BI dapat mempengaruhi kinerja keuangan bank syariah dilihat dari ROA dan LDR nya?
Kalau ada pengaruhnya, seperti apa pengaruh tersebut?
Tolong dijelaskan ya pak?!
Dan Tolong Dibalas secepatnya ya pak,,Sya tunggu jawabannya pak..
Terima Kasih..
Wassallam..

HMA FE Unlam mengatakan...

Assalamualaikum,
kami dari Himpunan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Univ. Lambung Mangkurat Banjarmasin (Kal-Sel), maksud dan tujuan kami disini adalah sehubungan dengan dilaksanakannya Pekan Ilmiah Akuntansi Nasional 2010 pada tanggal 11-14 oktober 2010, maka dari itu kami meminta bapak Drs. Agustianto, MA untuk menjadi salah satu pembicara Seminar Nasional PIA yang bertemakan \"Tantangan dan tuntutan Profesi Akuntan dalam Menghadapi Peluang Kerja Akuntan\". untuk surat dan proposal lengkapnya dapat kami kirimkan ke email pribadi Bapak Agustianto secara langsung, oleh karena itu kami meminta alamat email pribadi bapak.

kami mengharapkan balasan pesan ini secepatnya ke email kami hmaunlam@yahoo.com, terimakasih atas perhatiannya.
wassalam

Unknown mengatakan...

Yth, Bapak Agustianto, kami ingin mengundang Bapak Seminar Bank Syariah di Surabaya, bulan April, minggu pertama, Bgmn mengontak Bapak, mhn nomor HPnya donk Pak.

Tulisan Popular Wakaf, Ekonomi dan Bisnis

  110 halaman, Kertas Bookpaper, Ukuran 14,8 cm x 21 cm,   ISBN 978-623-6121-22-1.  Penerbit : Pustaka Learning Center, Malang, Februari 202...