Pengumuman

Untuk memudahkan bagi anda yang membutuhkan jurnal/buku/procedding Ekonomi Syariah, berbentuk pdf, bisa menghubungi Perpustakaan STIE Bisnis Indonesia (STIE BI) Ciputat, Telp. 021-7423390, 7423391 Ext. 101, email:stiebiciputat@yahoo.co.id, dengan Okta/Siti

Kamis, 26 Juni 2008

Ekonomi Makro Islam: Pendekatan Teori

Menjawab Kegamangan Ekonomi Nasional
Dalam Perspektif Islam

Ditengah peran sistem ekonomi Islam yang mampu menfasilitasi diversifikasi risiko dan berkontribusi dalam stabilitas keuangan dan menjadi integral dalam sistem keuangan internasional, ada keprihatianan yang mendalam dalam perkembangan institusi keuangan Islam. Dimana dalam perkembangganya institusi keuangan Islam tidak di back up dengan pemahaman keislaman (Islamic Worldview)Kekhawatiran itu, dilontarkan oleh Prof. Anas Zarqa, yang mengungkapkan, masih tertinggal jauhnya aspek kajian dan keilmuan dalam perkembangan ekonomi Islam jika dibandingkan dengan perkembangan sektor keuangan dan perbankan.
Selain Anas Zarqa, Prof. Umer Chapra juga menilai, standarisasi pengajaran ekonomi Islam diharapkan akan mempercepat perkembangan ekonomi Islam di kemudian hari, apalagi sampai hari ini, pengajaran ekonomi Islam belum mampu menyentuh persoalan mendasar ekonomi, seperti: kemiskinan, pengangguran, ketimpangan pendapatan dan inflasi.
Lahirnya buku Ekonomi Makro Islam: Pendekatan Teori, diharapkan akan membuka wacana baru dalam pengembangan kajian keilmuan terhadap ilmu ekonomi Islam. Selain itu, buku yang di tulis oleh tokoh ekonomi Islam yang tergabung dalam Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia, seperti Mustofa Edwin Nasution, Nurul Huda, Handi Risza Idris dan Ranti Wiliasih mencakup tiga persoalan utama, yaitu pertumbuhan ekonomi, inflasi dan pengangguran dengan menggunakan pendekatan Islamic perspective.
Salah satu letak keunggulan buku ini adalah analisa yang disampaikan para penulis dirasakan sangat up to date dan relevan dengan kondisi kekinian. (Agus)

Tidak ada komentar: