Pengumuman

Untuk memudahkan bagi anda yang membutuhkan jurnal/buku/procedding Ekonomi Syariah, berbentuk pdf, bisa menghubungi Perpustakaan STIE Bisnis Indonesia (STIE BI) Ciputat, Telp. 021-7423390, 7423391 Ext. 101, email:stiebiciputat@yahoo.co.id, dengan Okta/Siti

Selasa, 24 Juni 2008

Jakarta Islamic Index

Jakarta Islamic Index (JII) yang dikeluarkan oleh BEJ merupakan index dari 30 saham perusahaan yang kegiatannya dipandang tidak bertentangan dengan syariah. Untuk dapat dipandang sesuai syariah, dilakukan lima tahap penyaringan. Pertama, dipilih perusahaan yang kegiatan utamanya tidak bertentangan dengan syariah. Kedua, saham tersebut sudah tercatat di BEJ lebih dari 3 bulan. Syarat ini boleh dilanggar bila ia termasuk dalam 10 saham berkapitalisasi besar. Ketiga, dipilih saham yang berdasarkan laporan keuangannya, rasio kewajiban terhadap aktiva maksimal 90%. Ketiga, dipilih 60 saham berdasarkan urutan kapitalisasi pasar selama satu tahun terakhir. Kelima, dipilih 30 saham berdasarkan nilai perdagangan rata-rata selama satu tahun terakhir.

Sebagaimana juga Islamic Index lainnya di dunia, seperti Dow Jones Islamic Index, Kuala Lumpur Islamic Index, perusahaan yang sahamnya tercatat di JII bersikap pasif. Artinya, mereka tidak mengupayakan agar saham perusahaannya masuk dalam JII, misalnya dengan menyesuaikan operasional bisnis mereka agar sesuai syariah. Sebaliknya JII lah yang aktif melakukan penyeleksian saham-saham yang tidak bertentangan dengan syariah. Secara langsung JII tidak mempengaruhi perilaku bisnis perusahaan yang sahamnya masuk JII.

Dari metode seleksinya, maka dapat diduga bahwa saham-saham yang tercatat dalam JII adalah sama dengan saham-saham di LQ45 setelah dikeluarkan saham perusahaan lembaga keuangan konvensional dan saham perusahaan rokok. Jika saja LQ45 diperas lagi menjadi LQ30, dan dipastikan tidak ada saham-saham perusahaan rokok dan bank konvensional, niscaya kita akan mendapatkan JII. Dengan kata lain JII adalah LQ30 tanpa rokok dan bank. Tidak heran kalau kinerja JII lebih baik dari kinerja IHSG atau LQ 45. Pasca perang sampai dengan 8 Juli tahun ini kinerja JII adalah +102%, sementara itu LQ45 +96%, dan IHSG +97%.

Saham dalam JII adalah juga saham yang tercatat di LQ45. Saham-saham LQ45 yang tidak termasuk dalam JII adalah ASII, BNBR, BBCA, BBNI, NISP, PNBN, RMBA, GGRM, HMSP, INKP, IDSR, JIHD, MMPA, TKIM, PNIN, RALS, TRST. Yang menarik ada 2 saham di JII yang tidak termasuk LQ45 yaitu CTRA dan DYNA karena keduanya termasuk medium cap sedangkan saringan pertama di LQ45 berdasarkan urutan volume perdagangan.

JII direview setiap enam bulanan, sehingga list saham di JII sifatnya dinamis, ada yang keluar, ada yang masuk , ada pula yang menjadi penghuni tetap. Sejak Juli 2000 beberapa penghuni tetap JII adalah UNTR,ASGR, SMGR, INDF, ISAT, TINS, TLKM, dan ANTM. Penghuni tetap yang baru saja tereliminasi untuk periode 6 enam bulan mendatang adalah MEDC dan AUTO karena tidak lolos tahapan penyeleksian intensitas perdagangan dari BEJ.

Sedangkan enam saham baru yang tercatat pada JII adalah BNBR, KIJA, MLPL, PGAS, LSIP, dan TRST. Aktivitas BNBR yang melonjak satu tahun terakhir ini banyak dipengaruhi oleh aktivitas BUMI yang sempat ramai karena berhasil mengakuisisi KPC pertengahan tahun lalu. LSIP baru saja menyelesaikan restrukturisasi hutang tahun lalu dan dengan prospek keuntungan yang membaik karena meningkatnya harga CPO sejak awal tahun ini.

Daftar Saham yang Tercatat dalam JII

ANTM
INTP
SMCB
AALI
INDF
SMGR
ASGR
ISAT
SMRA
BNBR
INCO
PTBA
BRPT
KLBF
TLKM
BUMI
KIJA
TSPC
CTRA
LMAS
TINS
DNKS
MLPL
TRST
EMPT
PGAS
UNVR
GJTL
LSIP
UNTR

Sumber: Dang Maulida, Departemen Pasar Modal Syariah Karim Business Consulting

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Malam. apakah ada data perusahaan yang termasuk JII dari tahun 2002 sampai 2008. Ini untuk penelitian. terima kasih. email saya joni_kriswanto@yahoo.co.id

CEWE TAJIR CARI JODOH mengatakan...

nama gua NISHA salam kenal semuanya o ya btw gua tinggal di jl poncol jaya kuningan barat mampang prapatan rt 008 rw 05 jakarta selatan. no hp gua 0856 810 2xxx DAN INI LHO nomor telepon rumah GUA 021 52962825.
umur gua baru 18 tahun Tb.165cm/55kg
Ciri2 fisik: Tinggi, Putih, Cantik, Sexy, Mulus, Harum, Tajir dan sekarang gua lagi jomblo
bagi kalian para cowo & duda keren yg mo kenalan boleh deh telepon ke rumah gua
cuma pembokat gua udeh dipesan ama nyokap gua kalo ada orang asing yg nyari gua
bilang aja salah sambung gitu atau ga ada
TAPI KALIAN COBA TERUS TELEPON siapa tau gua yg angkat ok
o ya btw siapapun yg ntar kawin ama gua bakal dapat warisan Rp 10 MILIAR & TANAH RATUSAN HEKTAR.
gua cantik sexy, & menggairahkan
so gua tunggu telepon kalian ya
I LOVE YOU ALL

Hi all, my name is NISHA, a GIRL, 18 years old.

I'm mixture of Indonesian-Dutch-Chinese.

I speak fluent indonesian, good enough in english, passive in dutch and french.

I'm taking my bachelor degree now , my major is INTERNATIONAL LAW.

I have a plan to continue my master degree abroad.

I love playing and watching football. I also like dogs.

I'm also interested in learning foreign cultures and languages.

First, i'm looking for a caucasian man, who are polite and could respect each other. I LIKE DIRTY JOKES, I LIKE BIG DICK BIGGER BETTER, I LIKE TO BE SPANK IN MY BUTT

I`VE BIG TITS

I`VE BEAUTIFUL BREAST 38B

I`VE US$ 10.000.000,- / US$ 10 MILLION in my bank account

Better if you are living in JAKARTA so we can meet up.

If we are match, it's possible to be more than friend (serious boyfriend).

So, if interested, just CALL me at 02152962825

Thank you. God bless.

Anonim mengatakan...

nisha tai anjing bangsat... rumah org main teror aja.. maaf sblmnya.. w sodara yg punya no. tlp rumah n hp itu.. smpe2 no. hpnya diganti sma yg baru.. kaishan sodara w.. tengah mlm smpe ada yg tlp tp gak ada suaranya... eh yg ngaku namanya nisha.. w kasih tau aja yaa... Allah SWT itu gak tidur... loe tunggu aja akibat dr smua perbuatan loe itu.. baik di dunia maupun di akhirat... punya hati sdikit dong jd manusia.. apa loe itu bukan manusia yaa... mikir dong gmna klo kluarga loe yg di teror trus siang mlm di tlfin nyariin namanya nisha... dasar manusia gak ada otaknya...