Pengumuman

Untuk memudahkan bagi anda yang membutuhkan jurnal/buku/procedding Ekonomi Syariah, berbentuk pdf, bisa menghubungi Perpustakaan STIE Bisnis Indonesia (STIE BI) Ciputat, Telp. 021-7423390, 7423391 Ext. 101, email:stiebiciputat@yahoo.co.id, dengan Okta/Siti

Selasa, 01 Juli 2008

Abstrak Tesis: Studi Tentang Akseptabilitas Masyarakat Terhadap Keberadaan Asuransi Takaful

oleh : Drs. Dalyono, MSI.
MSI-UII.Net - 19/8/2004

Penelitian ini bertujuan mengungkap akseptabilitas masyarakat yang beragama Islam di Dearah Istimewa Yogyakarta (DIY) terhadap Asuransi Takaful, yang difokuskan pada tiga variabel yaitu Konsep, Operasional dan Manajemen Takaful.

Untuk memenuhi keterwakilan populasi masyarakat yang beragama Islam di DIY yang penduduknya sangat mobile dan padat guna menguji akseptabilitas ketiga variabel tersebut, maka angket untuk pengambilan data disebarkan kepada suatu strata dengan karakteristik tertentu yang didasarkan pada homogenitas (penganut paham) dan heterogenitas dari masyarakat yang berdomisili dalam suatu wilayah. Dua wilayah homogen yaitu, penganut paham Nahdlatul Ulama (NU), dan Muhammadiyah, sedangkan wilayah heterogen adalah daerah-daerah perumahan.

Analisis yang dilakukan tidak hanya akseptabilitas saja, namun dikembangkan juga pada korelasi antar variabel yang diajukan kepada responden, dengan menggunakan program-program komputer, seperti SPSS, dan Microsoft Excel.

Hasil penelitian dengan tingkat kepercayaan 87,6%, maka akseptabilitas masyarakat DIY terhadap asuransi konvensional dibanding dengan akseptabilas secara nasional adalah lebih tinggi yaitu 12% untuk DIY dan 8,2% untuk nasional. Untuk DIY akseptabilitas Asuransi Konvensional adalah 12% dengan Asuransi Takaful adalah 18%.

Akseptabilitas masyarakat terhadap Asuransi Takaful lebih tinggi dibanding dengan asuransi konvensional secara regional maupun nasional. Untuk uji antara variabel konsep dan operasional mempunyai korelasi yang kuat (>0,5) yaitu 0,603, sedang antara variabel konsep dan manajemen menunjukkan lemah korelasinya (<0,5) yaitu 0,388, sementara antara variabel operasional dan manajemen seperti halnya pada korelasi antara variabel konsep dan manajemen menunjukkan lemahnya hubungan antar-keduannya yaitu 0,448.

Mengingat kecilnya akseptabilitas masyarakat terhadap asuransi Takaful ini, maka disarankan perlunya ada peningkatan komunikasi dialogis untuk mencapai pemahaman akan Asuransi Takaful dengan melihat segmen (status sosio-demografi) sasaran yang akan dituju.

Tidak ada komentar: