Pengumuman

Untuk memudahkan bagi anda yang membutuhkan jurnal/buku/procedding Ekonomi Syariah, berbentuk pdf, bisa menghubungi Perpustakaan STIE Bisnis Indonesia (STIE BI) Ciputat, Telp. 021-7423390, 7423391 Ext. 101, email:stiebiciputat@yahoo.co.id, dengan Okta/Siti

Kamis, 03 Juli 2008

Etika Bisnis dalam Islam


DR. Mustaq Ahmad
Sistim bisnis kapitalis, komunis dan sosialis telah menyebabkan kebangrutan ekonomi dunia baik di timur maupun di barat. Indikasi dari kebangkrutan tersebut adalah semakin membengkaknya jumlah penganguran dimana-mana, jumlah orang miskin dari hari ke hari terus meningkat. Negara-negara ketiga semakin terjerat hutang dan jatuh ke dalam krisis ekonomi yang berkepanjangan sebagaimana yang terjadi di negeri ini. Penyebab dari semua kebangrutan ini adalah karena bisnis yang mereka jalankan hanya berorientasikan keuntungan materi semata tanpa menghiraukan nilai-nilai luhur yang sesuai fitrah insani.

Islam sebagai agama rahmatan lil'alamin memberikan solusi terbaik yang menyelamatkan manusia dari keterpurukannya. Islam menawarkan konsep bisnis yang bersih dari berbagai perbuatan kotor dan tercela juga sebuah konsep yang memiliki visi yang jauh kedepan. Sehingga bila konsep bisnis Islam diterapkan, maka mungkin saja keuntungan yang akan diperoleh relatif kecil bila dibandingkan dengan mengunakan konsep-konsep yang lain. Namun sesungguhnya tidaklah seperti itu karena keuntungan yang diperoleh adalah keuntungan yang penuh barakah yang akan membawa kebaikan di dunia dan di akhirat.

Seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, perbankan dan sarana komunikasi, maka pola bisnis pun mengalami perkembangan yang begitu pesat. Namun Islam sebagai agama universal dan meyeluruh akan tetap memberikan jawaban atas semua permasalahan yang dihadapi para pelaku bisnis di lapangan. Masalahnya maukah kita merujuk kepada ajaran islam?, lalu menerapkannya dalam kehidupan nyata.

buku etika bisnis dalam Islam ini mengupas dengan jelas semua etika yang ahrus diperhatikan oleh setiap pelaku bisnis, sehingga bisnis mereka merupakan bisnis yang bersih dan barakah serta menjadi bagian dari bentuk ibadah kepada Allah SWT.

Tidak ada komentar: