Rabu, 16 Juli 2008

Asas-asas Ekonomi Islam


Asas-asas Ekonomi Islam
Penulis : M Sholahuddin
Penerbit : Rajawali Pers, Jakarta
Cetakan : Pertama, 2007
Tebal : xv + 311 halaman

Perkembangan ekonomi Islam dalam tataran praktis maupun akademis sangatlah pesat. Ini dapat dilihat dari data statistik perbankan syariah yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Ada juga dalam berbagai bidang penelitian lainnya. Selain perbankan, perguruan tinggi dan akademi ekonomi Islam juga berkembang sangat pesat. Hampir di tiap kota di negeri ini berdiri sekolah tinggi ekonomi Islam yang tujuannya mendidik mahasiswa ekonomi Islam agar siap mengisi perbankan syari’ah yang sudah lebih dahulu menjamur.

Namun demikian, kajian akademis dengan literatur yang memadai tentang prinsip-prinsip dasar ekonomi Islam dan perbankan syari’ah masih relatif kurang. Minat masyarakat pada kajian ekonomi Islam tinggi, namun bahasan akademiknya masih tak sesuai. Padahal, tanpa memahami prinsip dasar ekonomi Islam, maka pengembangan perekonomian Islam lewat bank, kredit, pinjaman, dan lembaga syari’ah lainnya kurang dapat dimaknai secara ilmiah. Ini yang kadang terjadi juga di kalangan perguruan tinggi dan ini yang perlu disikapi dengan baik.

Untuk mengimbangi hal tersebut, maka buku ini dianggap mampu menjadi salah satu pengisinya. Kehadiran buku ini setidaknya dapat menutupi adanya kebutuhan penyusunan buku ajar Ekonomi Islam tersebut, mengingat struktur buku ini bertolak pada kerangka dasar ekonomi Islam yang setiap babnya dibekali dengan petunjuk praktis. Tentu ini akan sangat membantu.

Buku ini memaparkan dengan cukup rinci perekonomian Islam, terutama dari dasar berupa prinsip-prinsip ekonomi Islam. Buku ini dapat menjadi salah satu pegangan bagi mahasiswa ekonomi Islam, kalangan peneliti, dosen dan praktisi perbankan syari’ah, serta orang-orang yang peduli pada ekonomi Islam.(***)


Mulyadi
Alumnus Fakultas Syariah
IAIN Sunan Kalijaga Jogjakarta

Tidak ada komentar: