Pengumuman

Untuk memudahkan bagi anda yang membutuhkan jurnal/buku/procedding Ekonomi Syariah, berbentuk pdf, bisa menghubungi Perpustakaan STIE Bisnis Indonesia (STIE BI) Ciputat, Telp. 021-7423390, 7423391 Ext. 101, email:stiebiciputat@yahoo.co.id, dengan Okta/Siti

Rabu, 16 Juli 2008

Agenda Ekonomi Syariah Bulan Juli 2008 FE UNAIR

Workshop Kurikulum Ekonomi Syariah
Rabu-Jum'at / 25-27 Juni 2008 (Pukul: 04.00-22.00 waktu se)
Sebagai departemen baru di lingkungan Universitas Airlangga, Departemen Ekonomi Syariah bertekat untuk menjadi icon bagi Unair. Salah satu persiapan penting yang dilakukan untuk menuju hal tersebut adalah pembenahan konten dari kurikulum yang sudah dijalankan saat ini. Kurikulum Ekonomi syariah saat ini lebih difokuskan pada kajian keuangan syariah. Hal ini merupakan salah satu bentuk antisipasi dan kontribusi Unair dalam mendukung perkembangan lembaga perbanksan syariah serta munculnya instrumen-instrumen keuangan syariah baru lainnya. Keinginan untuk mendukung perkembangan sektor keuangan syariah di dorong dengan sudah disahkannya UU tentang Sukuk serta UU tentang Perbankan Syariah.
Kami dari Departemen juga mengharap dukungan masyarakat luas khususnya para pakar ekonomi syariah untuk bahu membahu mengiringi perkembangan sektor keuangan syariah agar tetap berada pada track yang sesuai syariat.

Sekretaris Departemen Ekonomi Syariah

ttd
Habiburrochman

Tempat: Hotel Grand Trawas, Mojokerto

Kuliah tamu Keuangan Publik Syariah
Sabtu, 21 Juni 2008 (Pukul: 08.00 - 15.30)
Kuliah kuangan publik syariah Insya Allah dilaksanakan pada hari Sabtu. Seperti biasanya dept. Ekonomi Syariah mengundang Bapak Dr. Muhammad dari Yogyakarta. Pembahasan tentang keuangan publik syariah banyak difokuskan pada wacana kontemporer pengelolaan keuangan publik dari pandangan Islam

Tempat: R. Tirtodiningrat

Kunjungan ABFI Perbanas Jakarta
Senin, 2 Juni 2008 (Pukul: 09.00-14.00)
Departemen Ekonomi Syariah mendapat kunjungan dari dosen-dosen dari ABFI Perbanas. ABFI Perbanak jakarta merupakan pengembangan dari STIE Perbanas dan STMIK Jakarta. Kedua institusi pendidikan tinggi tersebut bergabung dan berganti nama ABFI Perbanas. Kunjungan ke FE Unair dipimpin oleh Ibu Indra Siswanti,SE.MM dari jurusan manajemen. Kedangan Perbanas Jakarta ini dimaksudkan untuk menggali lebih mendalam mengenai kurikulum ekonomi islam di FE Unair. Saat ini, sesuai dengan ambisi Bank Indonesia yang menargetkan perkembangan Bank Syariah agar dapat terasa kiprahnya di dunia perbankan Indonesia, membuat kebutuhan tenaga bankir yang mengerti tentang transaksi berdasar syariat Islam menjadi kebutuhan yang sangat mendesak. saat ini Pendidikan tinggi belum dapat memenuhi permintaan kebutuhan sumber daya insani ini. oleh karena itu dipandang perlu untuk segera mengimplementasikan kurikulum mengenai ekonomi Islam di Perbanas Jakarta.
Ketua Departemen, Ibu Sri Kusreni menanggapi permintaan Perbanas Jakarta tersebut dengan senang hati bahkan menawari dosen-dosen Perbanas Jakarta untuk mengikuti lokakarya kurikulum yang direncanakan dilaksanakan pada bulan Juli 2008. Selain itu Jajaran departemen ekonomi syariah siap bahu membahu untuk terus mengembangkan pendidikan ekonomi Islam. Untuk itu kerjasama dengan berbagai pihak sangat dibutuhkan.

Tempat: Rapim FE Unair dan Dept. Ekonomi Syariah


Kunjungan dari Universitas Muhammadiyah Jogjakarta
Jum'at, 9 May 2008 (Pukul: 09.00 - selesai)
Fakultas Ekonomi - dept ekonomi syariah menerima kunjungan dari dekan dan rombongan dari FE UMJ. maksud kedatangan ini adalah untuk menjalin kerjasama dalam pengembangan ekonomi syariah.
Tempat: Rapim FE Unair

Discussion with Dr.Minako Sakai from Australia
Selasa/ 6 Mei 2008 (Pukul: 10.00-13.00)
Discussion the role of islamic micro-credit cooperatives known as islamic savings and loan cooperatives (BMTs) delivered by Dr. Minako Sakai from Schoool of Humanities and Social Sciences University of New South Wales, Australia
Tempat: Ruang Tirtodiningrat

Tidak ada komentar: