Rabu, 02 Juli 2008

Dr. Uswatun Hasanah


Data Pribadi
Tempat tanggal lahir
Yogyakarta (Sleman), 19 November 1955
gander F
agama Islam
Alamat Kantor Fakultas Hukum - Universitas Indonesia
Depok - 16424 Indonesia
Telp (62) (21) 7270003, 7843442
Fax : (62) (21) 7270052
Kontak usy-hs@plasa.com

Riwayat Pendidikan terakhir:

Pendidikan (terakhir) : S-3 IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1997.
Riwayat Pekerjaan :

Staf Pengajar pada Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Indonesia dari tahun 1998 - sekarang.

Staf Pengajar pada Program Kajian Timur Tengah dan Islam, Pasca sarjana Universitas Indonesia, dari tahun 2002 - sekarang

Staf Pengajar pada Program Pascasarjana Magister Studi Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dari tahun 2002 - sekarang

Staf Pengajar Mata Kuliah (a) Zakat dan Wakaf, dan (b) Hukum Islam di Fakultas Hukum UI dari tahun 1983 - sekarang.

Staf Pengajar Mata Kuliah (a) Agama Islam, dan (b) Lembaga-lembaga Islam di Indonesia di FISIP-UI dari tahun 1983 - sekarang

Staf Pengajar Mata Kuliah Hukum Islam di Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan, dari Tahun 1999 - sekarang.

Asisten Deputi Urusan Pemantauan dan Evaluasi Diskriminasi HAM, Kantor Menteri Negara Urusan HAM Republik Indonesia, Tahun 2000.

Wakil Ketua Lembaga Kajian Islam dan Hukum Islam Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Tahun 2001 - sekarang.

Anggota Tim Penyusunan Usulan Garis-Garis Besar Haluan Negara, Universitas Indonesia, 1999.

Pengurus Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Kehidupan Bernegara, tahun 2000-sekarang.

Ketua Tim Pembina Pendidikan Agama Islam pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, dari tahun 2002 - sekarang.

Dan lain-lain.
Kegiatan lain yang pernah dilakukan :


Melakukan berbagai penelitian, antara lain:
a. Penelitian Guna Memberikan Masukan dan Pemikiran dalam Rangka Penyusunan RUU Perbankan Syari'ah, Kerjasama Bank Indonesia dengan LKIHI-FHUI, tahun 2003
b. Penelitian mengenai"Pengelolaan wakaf di Mesir dan Saudi Arabia", tahun 1994.
c. Penelitian mengenai "Pengelolaan zakat di BAZIS DKI Jakarta", 1989.
d. Penelitian mengenai "Pola Pengelolaan Wakaf yang dilakukan oleh Yayasan Pemeliharaan dan Perluasan Wakaf Pondok Modern Gontor", tahun 1994.
e. Penelitian mengenai "Pengelolaan Wakaf yang dilakukan oleh Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung", tahun 1994.
f. Penelitian mengenai "Pengelolaan Wakaf yang dilakukan oleh Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia", tahun 1994.
g. Penelitian mengenai "Pelaksanaan Perkuliahan Pancasila di Universitas Sumatera Utara dan Universitas Sriwijaya", 1997.
h. Dan lain-lain.

Mengikuti Training Programme for Human Rights Trainers, Raoul Wallenberg Institute of Human Rights and Humanitarian Law, Lund University, Sweden, 2001.

Peserta Human Rights Workshop, The Ministry of Justice and Human Rights Affairs and Sagric International Pty. Ltd., Jakarta, 3-5 April 2001.

Peserta The National Consutative Workshop on Trafficking of Children in Indonesia, International Labour Organization, Jakarta, April 2001.

Mengikuti Lokakarya Peningkatan Profesionalisme Di Bidang Hak Asasi Manusia Indonesia - Australia Specialised Training Project Phase II, Puncak, 22-23 Juni 2000.

Mengikuti Pelatihan Monitoring Hak-hak Anak, Departemen Kehakiman dan HAM - UNICEF, Puncak,13-16 Septemeber 2000.

Mengikuti Training And Formation of A Working Group For The National Inquiry, KOMNAS HAM, Puncak, 28-31 Mei 2000.

Mengikuti Penataran Staf Pengajar Hukum Islam PTN/PTS Tingkat Nasional, di FH-UI, Tahun 1995.

Mengikuti berbagai seminar dan lokakarya.

Karya Ilmiah :


"Peranan Wakaf dalam Mewujudkan Kesejahteraan Sosial" (Studi Kasus Pengelolaan Wakaf di Jakarta Selatan), Disertasi Program Doktor,Tahun 1997.
"Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Perempuan di Indonesia". Makalah disampaikan pada Acara Sosialisasi HAM, Kerjasama antara BALITBANG Departemen Kehakiman dan HAM dengan Pemda NTB, tanggal 11 Juli 2003 di Mataram.
"Tinjauan Yuridis Zakat dalam Perundang-undangan Indonesia (UU Pengelolaan Zakat No. 38 Tahun 1999 dan Zakat sebagai Pengurang Pajak Menurut UU No. 17 Tahun 2000)". Makalah disampaikan pada Seminar Nasional "Menggagas Ekonomi Syariah yang Mantap dengan Pembentukan Peraturan Perundang-undangan Yang Baik", yang diselenggarakan oleh Business Law Society Senat Mahasiswa FHUI, di Depok, tanggal 25-27 Februari 2003.
"Manajemen Pengelolaan Wakaf di Indonesia". Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Perwakafan yang diselenggarakan BSO SERAMBI SM-FHUI, di Depok, tanggal 24 Maret 2003.
"Pengantar Ushul Fiqh dalam Asuransi". Makalah disampaikan dalam Pelatihan Asuransi Islami yang diselenggarakan oleh PT. Asuransi Jasa Indonesia bekerjasama dengan Program Studi Kajian Timur Tengan dan Islam, di Jakarta tangal 24 Februari -01 Maret 2003".
Sejarah, Tradisi dan Profil Philanthropy Islam di Dunia Islam: Wakaf untuk Keadilan Sosial" Makalah disampaikan dalam acara Peluncuran Buku dan Diskusi Berderma Untuk Semua: Wacana dan Praktik Philanthropy Islam, diselenggarakan oleh Pusat Bahasa dan Budaya UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, pada tanggal 11 Juli 2003, di Wisma Antara Jakarta.
"Hukum, Hak Asasi Manusia dan Demokrasi dalam Islam". Makalah disampaikan dalam Pelatihan Dosen Matakuliah Pengembangan Kepribadian Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional di Yogyakarta tanggal 13 Juni 2003.

Hak Asasi Manusia dalam Pandangan Islam dan Permasalahannya di Indonesia, Makalah disampaikan dalam Penataran Kepemimpinan Pimpinan Daerah Aisyiyah Kab. Tangerang, Cisarua , 1-2 Maret 2003.

Kebijakan Tanah Wakaf Bagi Pengembangan Ekonomi Kaum Dlu'afa, Makalah disampaikan dalam acara Diskusi Terfokus dan Sarasehan Nasional "Upaya Konversi Tanah dari Asset Menjadi Modal Dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Usaha Mikro Dan Penggerak Ekonomi Rakyat", yang diselenggarakan oleh oleh PT. PNM bekerjasama dengan -BI - Komite Penanggulangan Kemiskinan - BPN - IMMNUI di Jakarta tanggal 1 Mei 2003

"Zakat dan Keadilan Sosial" (Studi Kasus Pengelolaan Zakat di BAZIS DKI Jakarta),Tesis Program Magister, Tahun 1989.
"Manajemen Kelembagaan Wakaf". Makalah disampaikan pada Workshop Internasional tentang "Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Wakaf Produktif", diselenggarakan oleh The International Institute of Islamic Thought bekerjasama dengan Ditjen Bimas Islam dan Penyelenggaraan Haji Departemen Agama RI di Batam, tanggal 7 dan 8 Januari 2002
"Pengelolaan Wakaf dan Permasalahannya di Indonesia". Makalah disampaikan pada Seminar tentang Wakaf Tunai - Inovasi Finansial Islam: Peluang dan Tantangan dalam Mewujudkan Kesejahteraan Sosial yang diselenggarakan Program Pascasarjana Program Kajian Timur Tengah dan Islam, Universitas Indonesia, di Jakarta 10 November 2001.
"Obyek dan Pengelolaan Wakaf". Makalah disampaikan pada acara "Lokakarya Zakat dan Wakaf", diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia - Departemen Agama RI, Cisarua, 6-8 September 2001.
"Harta Wakaf dan Pengelolaannya di Indonesia", Jurnal Keadilan Vol. 1 No. 4.Tahun 2001, Pusat Kajian Hukum dan Keadilan.
"Pelaksanaan Zakat dan Pajak Di Indonesia", disampaikan dalam acara SIMPATI yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Perpajakan FISIP - UI di Depok, 18 November 2001.
"Kaitan Hukum Islam dengan UU No. 35 Tahun 1999", makalah disampaikan di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 10 Februari 2000.
"Aktualisasi Budaya Politik Demokratis Di tengah-tengaah Masyarakat Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara". Makalah disampaikan dalam acara Sarasehan diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bina Kesatuan Bangsa, Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia, di Jakarta, 25 Oktober 2001.
"Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Wanita Indonesia". Makalah disampaikan pada acara Refreshing Anggota Pimpinan Pusat 'Aisyiyah Jakarta di Ciloto, 30 Januari - 1 Februari 2001.
"Budaya Islam Di Indonesia Dalam Konteks Peradaban Islam Dunia". Makalah disampaikan dalam acara Maulid Nabi Muhammad saw 1422 yang diselenggarakan oleh DKM Masjid 'Ibadurrahman, Sawangan Depok, 23 Juni 2001
"Syari'ah". Makalah disampaikan pada acara Kajian Islam Intensif HMI KOORKOM UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA, Tanggal 12 Februari 2000
"Hukum Islam dan Pelaksanaannya di Indonesia", Jurnal Humaniora Universitas Tarumanagara, Vol. 2 No. 1 Oktober 2000
"Perempuan dan Hak Asasi Manusia", Jurnal Humaniora Universitas Tarumanagara, Vol. 3 No. 1 Juli 2001
15."Sistem Pendidikan Pesantren dan Masalahnya di Indonesia", Jurnal
Humaniora, Vol. 4. No. 1 Juli 2002.
Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Perempuan, Makalah disampaikan pada Pelatihan Mubalighat Pengurus Daerah Wanita PUI Kabupaten Majalengka, di Majalengka, 2 Juli 2001.

Isu HAM di Indonesia, Makalah disampaikan pada acara Pembekalan bagi peserta Program Pertukaran Pemuda Indonesia - Australia 2002/2003, Direktorat Kepemudaan, Ditjen Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda, 27-7 Oktober 2002.

Demokrasi daan Hak Asasi Manusia, Makalah disampaikan pada Pelatihan Persiapan Peserta Program Pertukaran Pemuda Indonesai - Australia tahun 2001/2001, diselenggarakan oleh Depdiknas di Cibubur, 18 September - 1 Oktober 2001.

Budaya Islam di Indonesia dalam Konteks Peradaban Dunia, Makalah disamapaikan pada acara "Dialog Interaktif tentang "Budaya Islam di Indonesia dalam Konteks Peradaban Islam Dunia", yang diselenggarakan Panitia Peringatan Maulid Nabi 1422 H, DKM Masjid Ibadurrahman Sawangan, Depok, 23 Juni 2001.

Manajemen Pengelolaan Wakaf di Indonesia. Makalah disampaikan dalam "Seminar Internasional Wakaf Sebagai Badan Hukum Privat", yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Sumatera Utara di Hotel Garuda Medan, tanggal 6 dan 7 Januari 2003.

Peranan Orang Tua dalam Mewujudkan Etika dan Estetika Kesehatan Reproduksi Remaja Menurut Ajaran Agama, Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Pemberdayaan Perempuan Memperingati Dies Natalis Ke - XXXIX UPN "VETERAN" Jawa Timur, yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Wanita Lembaga Penelitian dan Pengembangan UPN "VETERAN" Jawa Timur, di Surabaya, 1 Agustus 2002.

Pembangunan Hukum Berwawasan Budaya, Makalah disampaikan pada Seminar Nasional "Pembangunan Berwawasan Budaya, Agenda Untuk Solusi, diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada Yogyakarta, di Jakarta tanggal 18 Desember 2002.

Hukum Islam di Indonesia, Makalah disampaikan dalam "Ceramah Dzuhur" , yang dilaksanakan oleh PT. Permodalan Nasional Madani, Jakarta, tanggal 20 November 2002.

Profil dan Aspek Manajerial 'Islamic Philanthropy" di Indonesia, Makalah disampaikan pada acara "Workshop on Issues of Islamic Philanthropy for Social Justice Prospects and Constrains" yang diselenggarakan oleh Pusat Bahasa dan Budaya IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, di Cisarua pada tanggaal 27-29 Juni 2002.

Hak Asasi Manusia, Hukum dan Perempuan di Indonesia, *Disampaikan dalam acara Sosialisasi Hak-Hak Perempuan di Yogyakarta, 2001.

Manajemen Kelembagaan Wakaf, Makalah disampaikan dalam acara Workshop tentang Peningkatan Manajemen Pengelolaan Tanah Wakaf dalam Rangka Pemberdayaan Ekonomi Umat Di Propinsi DKI Jakaarta, diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Propinsi DKI Jakarta di Jakarta, 7 Agustus 2002.

Perwakafan dan Permasalahannya di Indonesia, Makalah disampaikan dalam Acara Diskusi yang diselenggarakan oleh PT. Permodalan Nasional Madani, di Jakarta pada tanggaal 24 Oktober 2002.

Manajemen Kelembagaan Wakaf dan Permasalahannya di Indonesia, Makalah disampaikan dalam Kuliah Perdana Program Pascasarjana Magister Studi Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri, Metro, Lampung, 1 September 2002

Dasar Hukum dan Pengertian Wakaf, Majalah Modal No. 2/1- Desember 2002

Wakaf Uang dan Dasar Hukumnya, Majalah Modal No. 3/1-Januari 2003

Agar Wakaf Tidak disalahgunakan, Majalah Modal No. 4/1-Februari 2003

Wakaf dan Kesejahteraan, Majalah Modal No. 5/1-Maret 2003

Melihat Mesir (Praktek Perwakafan di Mesir), Majalah Modal No. 6/1-April 2003

Wakaf dalam Undang-undang di Indonesia, Harian Republika tanggal 1 April 2003

Kasus Kita (Kasus Perwakafan di Indonesia), Majalah Modal, No. 7/1-Mei 2003

Reformasi (Reformasi Pengelolaan Wakaf), Majalh Modal, No. 8/1-Juni 2003

Dan lain-lain

1 komentar:

gie_ang mengatakan...

bu saya pernah dengar kalau ibu pernah menulis buku perbankan, yang membahas tentang pengertian nasabah penyimpan dana dan nasabah peminjam dana, itu nama bukunya apa ya bu, mohon bantuannya karena saya kesulitan mencari literatur yang membahas tentang hal itu bu

Tulisan Popular Wakaf, Ekonomi dan Bisnis

  110 halaman, Kertas Bookpaper, Ukuran 14,8 cm x 21 cm,   ISBN 978-623-6121-22-1.  Penerbit : Pustaka Learning Center, Malang, Februari 202...